Minta Maaf, Indira Kalistha Akui Bicara Tanpa Dipikir Dulu
TEMPO.CO | 17/05/2020 01:45
Indira Kalistha dan suaminya, Gustaf Syailendra meminta maaf lantaran telah meremehkan Covid-19. Foto: Youtube Deddy Corbuzier.
Indira Kalistha dan suaminya, Gustaf Syailendra meminta maaf lantaran telah meremehkan Covid-19. Foto: Youtube Deddy Corbuzier.

TEMPO.CO, Jakarta - Youtuber dan selebgram, Indira Kalistha akhirnya meminta maaf kepada masyarakat Indonesia yang terluka atas pernyataannya yang dianggap meremehkan Covid-19. Permintaan maafnya diucapkan sambil menangis saat menjadi bintang tamu di program Podcast Deddy Corbuzier yang tayang pada Sabtu, 16 Mei 2020. 

"Benar kata kalian aku bodoh, aku ngomong gak dipikir dulu. Aku tahu di situ aku salah. Pokoknya aku mau minta maaf, kalian jangan dengerin aku ngomong yang itu, karena sebenarnya aku pakai masker. Di tas aku juga selalu bawa tisu basah yang ada alkoholnya," katanya dengan terbata-bata. 

"Jadi ngomonganku di situ aku benar-benar ngawur, aku mau minta maaf sama kalian semua, jangan ikutin omonganku yang itu, please kalian jaga kesehatan, selalu pakai masker dan jaga kebersihan." 

Saat diundang Gritte Agatha untuk berbicara di program podcastnya, Indira mengaku jarang mengenakan masker. Ia hanya menggunakan masker di luar rumah jika ditegur. "Kalau sheet mask, aku pakai setiap hari ya. Kecuali memang ditegur kaya, 'bu bisa pakai maskernya?" pakai. Tapi kalau nggak ditegur ya lepas lagi. Ini napas sayang sayang ditutup-tutup gitu loh ya. Sesek nih dada juga sesek," kata Indira.

Indira Kalistha dan suaminya, Gustaf. (Instagram - @gustafode)

Video itu ditayangkan pada Rabu, 13 Mei 2020. Tapi kini video itu sudah diturunkan oleh Gritte sendiri berbarengan dengan pernyataan maafnya pada Sabtu sore, 16 Mei 2020. 

Indira yang memiliki pengikut lebih dari 1,5 juta di Instagram dan 3,1 juta subscribers itu juga mengatakan tidak mengikuti anjuran WHO untuk sering cuci tangan. "Wallahualam lo kena corona kek kena penyakit apa kek, demam berdarah kek, semua bisa mati," ucapnya saat itu dengan gaya slengeannya.

Tapi gaya itu berbeda 180 derajat saat di podcast Deddy Corbuzier. Indira yang didampingi suaminya, Gustaf Syailendra atau lebih dikenal Aa Utap mengaku belajar dari kejadian ini.
 
"Aku gak tahu omonganku bakal jadi kayak gini. Aku sama sekali gak tahu. Aku bukan meremehkan tenaga medis, nggak," ucapnya sambil meraih tisu yang disodorkan Deddy lalu mengusap air matanya dan nadanya terdengar terguguk.

Deddy kemudian mencoba menenangkannya. "Ya semua orang ada kesalahan. Mudah-mudahan yang kamu omongkan ini jujur. Kalau memang benar kelepasan, artinya kamu gak punya tujuan untuk mengajak orang untuk tidak pakai masker. Enggak melawan sistem. Memang UU Karantina, dan mungkin kamu gak ngerti," katanya.

Saat Deddy menanyakan kabar orang tuanya setelah kejadian ini, tangisan Indira yang semula mereda pecah kembali. "Ibu bapakku selalu menelepon sambil menangis," katanya dengan suara yang tak jelas. 

Gustaf yang duduk di sebelah istrinya menjelaskan orang tua Indira menjadi lebih sering menelepon Indira untuk menanyakan kabar sambil menangis. Indira yang kata dia, sudah tenang, kembali menangis lantaran merasa telah membuat orang tuanya susah. 

"Dia kepikiran karena orang tuanya jadi kepikiran. Orang tuaku juga. Aku bilang, 'Semua oke. Nanti aku akan bikin video klarifikasi dan minta maaf. Papa Mama gak usah kepikiran, jangan sampai sakit-sakit please. Kalau ada berita aku dan Indira, tenang saja, diskip saja. Aku sama Indira baik-baik saja, insyaAllah."

Utap sendiri yang jauh lebih banyak berbicara ketimbang istrinya juga meminta maaf lantaran ikut hadir dan membuat konten saat penutupan McD Sarinah pada Ahad, 10 Mei lalu. "Sebagai Youtuber, konten kita buat di rumah, kecuali pas di McD Sarinah itu, enggak ngerti kenapa aku berpikiran begitu dan gue salah, jangan diikuti ya guys," ujarnya. 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT