Ingat Ayah, Awkarin Sentil Indira Kalistha dan Gritte Agatha
TEMPO.CO | 16/05/2020 12:08
Karin Novilda alias Awkarin saat berhijab. Instagram
Karin Novilda alias Awkarin saat berhijab. Instagram

TEMPO.CO, Jakarta -Tiga hari terakhir ini nama selebgram sekaligus Youtuber Indira Kalisha ramai diperbincangkan di media sosial. Warganet menghujat Indira gara-gara ucapannya saat diwawancara Gritte Agatha di podcast miliknya yang tayang di YouTube pada Kamis, 14 Mei 2020. Potongan wawancara Indira dengan Gritte pun menyebar luas di media sosial. Indira Kalistha bahkan menduduki posisi puncak trending topic di Twitter.

Saat itu Gritte bertanya kepada Indira apakah rajin mencuci tangan dan bermasker sesuai anjuran untuk mencegah penularan virus corona. Dengan santai perempuan yang dikenal sebagai beauty vlogger dengan pengikut lebih dari 1,5 juta di Instagram dan 3,1 juta subscribers di Youtube ini memberikan jawaban yang dianggap meremehkan.

"Enggak, aku jarang pakai masker, pake sheet mask setiap hari. Kalau masker itu enggak pernah kecuali ditegur kayak bu pakai maskernya ya. Tapi kalau enggak ditegur ya sudah dibuka lagi. Kasian ini napas ditutup-tutup gitu loh." ucap Indira Kalistha.

Indira juga mengatakan tidak mengikuti anjuran WHO untuk sering cuci tangan setelah menyentuh barang-barang yang bisa saja menularkan virus Corona. "Misalnya ke mal, ke pasar segala macem, pegang-pegang, misalnya abis beli makanan nih dari ojek online, aku gak cuci tangan dulu baru makan, jadi ambil-ambil segala macem terus makan aja pakai tangan. Wallahualam lo kena corona kek kena penyakit apa kek, demam berdarah kek, semua bisa mati," kata Indira.Indira Kalistha saat menjadi tamu podcast Gritte Agatha. Foto: IG @indirakalistha

Ucapan Indira Kalistha yang terkesan meremehkan virus corona juga membuat geram selebgram Karin Novilda alias Awkarin. Awkarin yang berayah seorang dokter merasa kesal lantaran teringat bagaimana susahnya sang ayah yang harus bekerja mengenakan Alat pelindung Diri (APD) lengkap dengan maskernya saat harus melayani pasien-pasiennya.

"Kasian bokap gue tiap hari kerja begini lebih engep-an mana? Huhuhuhu. Sehat-sehat terus ya pak," cuit Awkarin di akun Twitter-nya, Jumat, 15 Mei 2020. Dia menanggapi ucapan Indra Kalistha yang malas menggunakan masker karena bikin susah bernapas.

Gadis 22 tahun yang juga aktif sebagai relawan ini juga membagikan tangkapan layar obrolan grup keluarganya. Di situ terlihat sang ayah, yang berprofei sebagai dokter spesialis mata berpamitan menuju tempat kerjanya berbungkus APD dan masker ketat. Hanya mata dan sedikit dahinya saja yang terlihat.

Tak hanya Indira, Awkarin juga menyentil Gritte Agatha sebagai pemilik kanal Youtube yang menyiarkan konten tersebut. Dia menilai Gritte yang juga mewawancarai Indira Kalistha juga menganggap ucapan kontroversial sebagai hal yang lucu.

"Gritte-nya juga denger statement kaya gitu dari Indira kenapa ketawa ya. Gangerti di mana lucunya. Menurut gue take down sih videonya biar gak menyakiti lebih banyak pihak," cuit Awkarin.

Unggahan Awkarin ini langsung mendapat respons dari warganet.Mereka sepakat bahwa apa yang diucapkan Indira Kalistha itu keliru dan melukai banyak orang, terutama paramedis yang berjibaku di rumah sakit mengobati pasien. "Kzl denger indira, dia baru selapis. Kita paramedis 3 lapis euy," cuit seorang pengguna Twitter. "Mama sekarang klo brgkat kerja gapernah dandan, katanya buat apa gak keliatan jugaa mukanya huhuu. Kemarin dirumah aku cobain baju hasmatnya (yg putih), plis itu sumuk bgt, lembab, sediiih," tulis warganet lain.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT