Si Juki Ingin Gantikan Belva Devara Jadi Stafsus Presiden
TEMPO.CO | 23/04/2020 18:36
Si Juki siap menggantikan Belva Devara. Instagram/@jukihoki
Si Juki siap menggantikan Belva Devara. Instagram/@jukihoki

TEMPO.CO, Jakarta - Pengunduran diri Belva Devara sebagai staf khusus milenial Presiden Joko Widodo rupanya menarik perhatian Si Juki. Karakter komik rekaan Faza Ibnu Ubaidillah atau Faza Meonk ini menyatakan minatnya untuk menggantikan posisi pemilik nama panjang Adamas Belva Syah Devara ini. 

Melalui akun Instagram @jukihoki, ia mengunggah foto animasi dirinya seperti sedang berada di depan Istana dan menggunakan setelan jas lengkap dengan dasi. Lucunya, Si Juki justru mengenakan celana pendek berwarna kuning dengan gambar hati sebagai bawahannya. Dalam foto tersebut, turut pula disisipkan tulisan sebagai bentuk surat terbuka untuk presiden Jokowi.

“SURAT TERBUKA SI JUKI : PAK JOKOWI, PILIHLAH SAYA JADI STAFSUS. Assalamualaikum Wr Wb. Semoga di masa pandemi ini kita diberikan kesehatan dan kekuatan dari Allah yang Maha Penyayang. Mengingat mundurnya salah satu staf bapak, berikut ini saya sampaikan keinginan saya untuk mengisi kekosongan posisi Staf Khusus Presiden. Karena saya terhitung lebih muda, izinkan saya menjadi stafsus Gen-Z. Lumayan bisa nyalain lampu istana kalau PLN gangguan lagi,” tulis Si Juki dalam keterangan foto yang ia unggah pada Rabu, 22 April 2020.

Meskipun dirinya bukan lulusan luar negeri, bahkan lulus saja belum, justru membuat Si Juki lebih memahami masalah yang dialami sehari-hari. Si Juki yang juga datang dari kalangan mahasiswa dan sebagai anak kostan, mengerti rasa susahnya bertahan hingga akhir bulan. “Makanya kalau saya ditunjuk sebagai stafsus, saya akan datang dengan konsep dan masukan-masukan yang penting bagi bangsa ini,” lanjutnya.

Ada beberapa program yang akan ditawarkan olehnya, seperti subsidi nasi padang bagi mahasiswa di akhir bulan, pajak pacaran sesuai lamanya pacaran untuk mencegah hubungan yang digantung, Kartu Indonesia Jomblo untuk meningkatkan taraf hidup Jomblo, serta hadiah peti mati Ghana untuk pejabat yang terbukti korupsi.  “Saya ingin pemuda Indonesia bergerak sebagai UPIL KERING. Yaitu Unggul Prestasi dan ILmu namun KERas dan tahan bantING,” tulis Si Juki.

Tentu saja unggahan ini hanya cara Faza untuk merespons situasi terkini melalui karyanya dengan cara melucu dan segar. Unggahan ini sudah disukai lebih dari 11 ribu pengguna Instagram. Netizen pun tak kalah jenaka mengomentari unggahan ini. "Kepilih beneran bingung lo gak punya celana, Juk," tulis @zaidan_hamid. "Gue daftar jadi staf khususnya elu, Juk. Keren kan, staf khusus punya staf khusus," ucap @praserio11.  

Belva Devara resmi mengundurkan diri sebagai staf khusus milenial Presiden Jokowi. Keputusan pengunduran dirinya dinyatakan Belva melalui unggahan di akun Instagramnya pada Selasa, 21 April 2020. Belva yang juga merupakan pendiri Ruang Guru, menjelaskan soal alasan pengunduran dirinya sebagai Stafsus Presiden Joko Widodo (Jokowi), karena tidak ingin berpolemik soal Ruang Guru, yang terlibat dalam program Kartu Prakerja.

ALFI SALIMA PUTERI


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT