Jadi Relawan Atasi Corona, Dokter Tirta Alami Batuk dan Demam
TEMPO.CO | 28/03/2020 16:30
Dr. Tirta, influencer, dokter, dan pengusaha sepatu lokal memberi keterangan soal undangan BNPB. Instagram.com
Dr. Tirta, influencer, dokter, dan pengusaha sepatu lokal memberi keterangan soal undangan BNPB. Instagram.com

TEMPO.CO, JakartaDokter Tirta, influencer dan relawan yang membantu tenaga medis serta masyarakat untuk melawan penyebaran virus Corona, harus mengisolasi dirinya karena mengalami batuk dan gejala demam. Dia mengaku gejala yang mirip dengan tanda-tanda tertular virus tersebut baru dirasakannya hari ini.

"Saya memutuskan bedrest total, dan mengunci diri saya sendiri. Saya sudah mulai batuk, gejala demam, ini hari ke-1. Jika sampai hari ke-3 saya gak baik-baik aja. Saya terpaksa harus ke rumah sakit," tulis Tirta di Twitter pada Sabtu, 28 Maret 2020.

Walaupun kondisi kesehatannya menurun Tirta tetap akan memberikan bantuan. "APD saya fokuskan kirim ke luar pulau. Tim saya yang akan bantu," tulisnya. Tirta juga berjanji akan tetap terus memberikan informasi terkini mengenai kegiatan atau bantuan yang dilakukan oleh timnya. "Perjuangan gak boleh berhenti," tulisnya.

Jika kondisinya memburuk pada Senin, 30 Maret 2020, Tirta akan memeriksakan kesehatannya ke RSUD Kembangan. Tirta pun meminta maaf atas kejadian tersebut kepada pengikutnya di Twitter. "Skenario terburuk, saya day 3 demam (hari Senin) akan ke RSUD kembangan nanti. Maafkan guys," tulisnya.

Dokter Tirta tengah mengajari cara mencuci tangan yang benar untuk pencegahan penularan virus Corona. Instagram.com
Dia juga berjanji untuk melaporkan kondisi fisiknya melalui akun media sosialnya. Tirta meminta supaya seluruh pengikutnya tenang dan tidak perlu khawatir. "Relax kawan. Tim dan kolega saya masih banyak," tulisnya.

Netizen yang mengikuti dan tahu betul perjuangan yang dilakukan oleh Tirta berharap semoga gejala yang dialami oleh Tirta segera sembuh sehingga bisa kembali membantu masyarakat. "Ya Allah. Semoga hanya flu biasa dok karena kurang tidur dan kelelahan. Kawan-kawan dokter, tolonglah perhatian ekstranya untuk dokter Tirta. Dan para relawan yang kami sayang, tolong tetap semangat walau tanpa kehadiran dokter Tirta sementara," tulis akun @Mada_Kelana71.

"Perjuangan belum selesai dok, jangan sakit dulu, besok harus sudah sembuh, masih banyak orang yang butuh kamu," tulis akun @M5yank. "Semoga segera pulih dok. Smoga segera bisa beraktivitas lagi seperti semula. Negara ini msh butuh tenaga dan pikiran anda," tulis akun @AlessLili. "Semoga bukan gejala penyakit yang sedang kita lawan Dok! Sehat selalu. Selalu dalam LindunganNya. Amin," tulis akun @pandapotan_tua.

Sebelumnya, Tirta meminta pemerintah untuk melakukan karantina wilayah, yaitu menutup akses masuk dan keluar ke suatu kota, perbatasan wilayah dijaga militer dan hanya logistik sembako yang boleh lewat. Menurutnya, dengan melakukan karantina wilayah memang akan membuat perekonomian menjadi hancur namun itu lebih baik dibandingkan dengan korban jiwa yang semakin bertambah setiap hari.

Sehat kembali, Dok. Kami ikut mendoakan.

MARVELA


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT