Positif Corona, Andrea Dian Masih Memikirkan Perbaikan Fasilitas
TEMPO.CO | 22/03/2020 15:37
Dalam unggahan tersebut, Andrea bercerita kronologi saat akhirnya ia dinyatakan positif Corona. Istri presenter Ganindra Bimo itu awalnya mengalami demam pada 13 Maret dan dinyatakan mengidap demam berdarah. Setelah mulai merasa fit dan merasa khawatir, i
Dalam unggahan tersebut, Andrea bercerita kronologi saat akhirnya ia dinyatakan positif Corona. Istri presenter Ganindra Bimo itu awalnya mengalami demam pada 13 Maret dan dinyatakan mengidap demam berdarah. Setelah mulai merasa fit dan merasa khawatir, ia melakukan cek thorax dan influenza pada 15 Maret. Dari kedua tes tersebut hasilnya bagus, namun saat scan paru-paru, terdapat flek di kanan dan kiri paru-paru Andrea. instagram.com/andreadianbimo

TEMPO.CO, Jakarta -  Aktris Andrea Dian dinyatakan positif corona sejak 18 Maret 2020. Kini Andrea sedang menjalani isolasi di salah satu rumah sakit rujukan pemerintah. Ia mengaku dalam kondisi baik meskipun tidak banyak yang dapat ia lakukan selama berada di ruang isolasi.

Andrea pun menceritakan bagaimana keadaan di sana melalui akun Instagramnya. “Perawat dan dokter di sini sangat ramah dan membantu. Tapi aku lihat sendiri bagaimana mereka kewalahan menghadapi banyaknya pasien, baik yang positif maupun yang suspect,” tulisnya di Instagram Story pada Ahad, 22 Maret 2020.

Tapi, perempuan berusia 34 tahun ini merasa beruntung masih mendapatkan tempat tidur meskipun dengan fasilitas kamar seadanya. Andrea menjelaskan, jika di luar masih banyak yang belum mendapat tempat istirahat yang layak. Ia pun menuliskan pesan kepada pemerintah agar memperhatikan fasilitas dan penanganan pasien.

“Bila ada pihak yang berwenang membaca pesanku ini, mohon lebih diperhatikan lagi para tenaga medis ini, fasilitas dan penanganan pasien  yang diisolasi seperti hal-hal dasar: sanitizer, tissue, sabun, air minum, kami kekurangan,” ujar istri Ganindra Bimo ini.

Andrea Dian kini dirawat di sebuah kamar bersama lima pasien Corona lainnya dengan kondisi yang berbeda. Artis yang gemar berolahraga itu kini dalam keadaan sehat tanpa keluhan. instagram.com/andreadianbimo

Meskipun menjadi pasien positif corona, Andrea masih memikirkan perbaikan fasilitas seperti alat perlindungan diri tenaga medis dan penanganan pasien yang setiap hari bertambah, “Kami semua, baik pasien atau tenaga kesehatan di sini butuh pertolongan, butuh peralatan yang layak dan sistem yang jelas.”

Tidak lupa, Andrea juga mengingatkan teman - teman yang ada di luar, agar tidak menganggap remeh virus ini. Masyarakat seharusnya mengikuti imbauan pemerintah,  berusaha disiplin berdiam di rumah, menjaga jarak dan karantina diri sendiri sesuai arahan. Sebab jika terkena, daya tampung dan kapasitas tenaga kesehatan yang terbatas akan membuat dokter dan perawat kewalahan.

“Walaupun kalian tidak merasa ada gejala COVID-19 seperti demam, batuk, pilek atau sesak napas, kalian yang imunnya bagus bisa jadi pembawa virus ke orang-orang yang kalian sayang dan sekitarnya,” ucapnya.

ALFI SALIMA PUTERI


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT