Ningsih Tinampi: Garam Bisa Mengobati Sakit karena Corona
TEMPO.CO | 21/03/2020 20:18
Ningsi Tinampi. instagram.com/ningsitinampi
Ningsi Tinampi. instagram.com/ningsitinampi

TEMPO.CO, JakartaNingsih Tinampi, paranormal yang membuka praktik pengobatan alternative di rumahnya mengatakan orang yang tertular virus Corona bisa disembuhkan dengan garam yang ia peroleh saat umrah.

“Saya kemarin di Tanah Suci dapat garam, tapi jangan didewa-dewakan ya,” katanya kepada para ‘pasien-pasien’ yang sudah mengantre berobat kepadanya dan diunggah di channel Youtubenya pada 5 Maret 2020.

Garam ini, kata dia, tak hanya dipakai untuk menyembuhkan virus Corona, tapi segala penyakit. “Itu si Didi kemarin pusing kepala tiga hari, diusap kepala pakai garam yang sudah dibacakan Al Fatihah langsung sembuh,” ujarnya. “Ibaratnya garam ini aku suruh buang demit, dibacakan Al Fatihah tiga kali, memohon sama Allah, apa sakitnya, bilang saja,” ujarnya.

Selain garam, kata Ningsih, ada obat penangkal yang juga menyembuhkan segala penyakit. “Jangan lupa jus pare,  pare dipotong kecil-kecil terus dijus, insya Allah segala penyakit sembuh,” ucapnya.

Selain itu, Ningsih menyarankan agar rileks jika sudah terinfeksi virus Corona. “Pokoke hatinya santai, rileks. Dengan kesedihan, kekebalan tubuh melemah, kata dia.

Menurut Ningsih, Corona bukanlah penyakit. “Ada sesuatulah pokoknya,” ujarnya.  “Semoga Indonesia bebas dari corona, coroni, coropo ini.”

Ningsih menuturkan, saat umrah ia sudah dibisiki soal wabah yang sudah dinyatakan pandemi ini. Tiba-tiba ia menangis. “Karena saya diberitahu sebelum kabar ini muncul, semoga keadaan kembali lagi, biar semua umat Islam thowaf kembali.”

Saat ini, praktik pengobatan Ningsih ditutup karena wabah Corona. “Ini menghabiskan pasien yang terlanjur sudah antre setelah itu ditutup sampai memungkinkan untuk dibuka lagi,” tuturnya.

Dari tayangan itu, terlihat pasien tidak menjaga jarak lantaran video itu tayang sebelum ada anjuran dari pemerintah untuk social distancing. Mereka berebut bersalaman dan mencium tangan Ningsih. Mereka juga berebut cium pipi kiri dan kanan Ningsih.  

Robby Purba. TEMPO/Aditia Noviansyah

Pada Jumat, 20 Maret 2020, presenter Robby Purba meluapkan kemarahannya kepada Ningsih di akun Instagramnya, yang dianggap telah membuat gaduh lewat pernyataannya soal virus corona. Di kanal Youtube miliknya, Ningsih mengklaim sudah memasukkan virus corona ke dalam tubuhnya dan memerintahkan Covid-19 meresapi jiwa raganya.

"Sebagai insan pertelevisian yang kerap bekerja sama dengan para ahli spiritual, dimulai dari yang disebut Embah, Madam, Pak Ustadz, sampai Indigo. Mereka tidak ada yang mengambil kesempatan dalam musibah," tulis Robby di Instagramnya pada Jumat, 20 Maret 2020.

Robby takut jika klaim dari Ningsih tersebut dipercaya orang banyak dan membuat mereka bukan berobat ke rumah sakit malah ke tempat prakteknya.

Pada Januari lalu, Ningsih sempat menghebohkan netizen atas aksinya ketika mengobati pasien khususnya yang diakibatkan oleh ilmu hitam. Ningsih mengaku bisa memanggil malaikat dan para nabi untuk diperlihatkan kepada pasiennya yang memiliki indera keenam. Akhirnya Ningsih meminta maaf atas perbuatannya tersebut.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT