Divonis Kanker Ginjal, Vidi Aldiano Merasa Hidupnya Akan Berakhir
TEMPO.CO | 23/02/2020 10:49
Penyanyi Vidi Aldiano berbicara dalam Media Gathering dengan tema Kerja Barengan Untuk Pendidikan di Go Work fX Sudirman, Jakarta, Selasa, 30 April 2019. Kolaborasi Kerja Barengan Untuk Pendidikan yang digagas oleh Najelaa Shihab atau yang akrab disapa Ka
Penyanyi Vidi Aldiano berbicara dalam Media Gathering dengan tema Kerja Barengan Untuk Pendidikan di Go Work fX Sudirman, Jakarta, Selasa, 30 April 2019. Kolaborasi Kerja Barengan Untuk Pendidikan yang digagas oleh Najelaa Shihab atau yang akrab disapa Kak Ela. TEMPO/Nurdiansah

TEMPO.CO, Jakarta -Vidi Aldiano mengaku sempat berpikir hidupnya akan berakhir setelah mendengar dokter menyatakan bahwa dia mengidap kanker ginjal stadium 3. Pria 29 tahun ini juga merasa siap jika sesuatu yang buruk terjadi pada dirinya.

"Iyalah (takut), iya (nangis), gue ngerasa hidup gw akan berakhir, iya (berpikir akan meninggal), gue siap meninggal," kata Vidi di YouTube channel Boy William pada Jumat, 21 Februari 2020.

Vidi mengatakan banyak pelajaran tentang hidup yang membuatnya lebih menghargai waktu yang diberikan oleh Tuhan saat ini. "Gue merasa semua orang akan meninggal, tapi sekarang gue merasa dikasih tahu aja sama Tuhan bahwa hidup itu sedikit loh, hidup itu sebentar, lo di dunia ini jangan sia-siakan waktu," kata Vidi.

Dokter pun mengatakan bahwa kanker di dalam tubuhnya sewaktu-waktu bisa saja timbul kembali.  Kondisi ini membuat Vidi harus memeriksakan kesehatannya setiap 3 bulan sekali di Singapura. "Setelah sudah diangkat ginjal gue, kata dokternya itu tipe kanker yang mungkin banget bisa balik lagi, jadi sekarang per 3 bulan gw harus check up ke Singapura untuk kontrol semuanya," kata Vidi.

Pelantun lagu Nuansa Bening ini mengatakan bahwa orang yang paling kuat selama menemaninya menjalani pengobatan adalah ibunya. "Dia salah satu orang yang kuat banget, dia gak pernah nangis di depan gue sekalipun walaupun gw tahu di kamarnya dia saat dia salat, gue tahu dia nangis karena balik ke kamar kelihatan hidungnya merah, matanya merah," kata Vidi.Vidi Aldiano. foto/instagram/vidialdiano

Pria yang pernah berpacaran dengan Sheila Dara ini juga mendapatkan banyak dukungan dari para sahabatnya yang tak henti-hentinya memberikan semangat. "Gue merasa kemarin bisa sembuh cepat karena temen-temen semuanya sampai hari ini udah berapa bulan kan, gw gak pernah sendirian," kata Vidi.

Vidi bersyukur selalu ditemani dan dikelilingi oleh sahabat-sahabat yang memberinya semangat untuk melewati masalah yang dialaminya. Para penggemarnya pun juga sangat berperan dalam kesembuhan Vidi.

Penyakit kanker di ginjal Vidi Aldiano baru diketahui beberapa waktu lalu. Sebelumnya, Vidi menduga kalau itu adalah kista. Namun setelah diperiksa lebih detail, dokter menyatakan ada sel kanker yang bersarang di bagian kiri ginjalnya. Vidi menjalani operasi pengangkatan ginjal yang digerogoti sel kanker di Singapura pada Jumat, 13 Desember 2019.

MARVELA


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT