Mian Tiara Curhat Jadi Korban Pelecehan Seksual Aktor Senior
TEMPO.CO | 25/01/2020 18:47
Mian Tiara. (Instagram - @miantiara)
Mian Tiara. (Instagram - @miantiara)

TEMPO.CO, Jakarta -Aktris dan musisi Mian Tiara mengaku menjadi korban pelecehan seksual seorang aktor senior. Perempuan 42 tahun itu menceritakan kejadian tak mengenakkan tersebut lewat akun Twitter Twitter pribadinya @miantiara pada Kamis, 23 Januari 2020.

Vokalis simakDialog ini bercerita pelecehan tersebut terjadi saat dia membantu seorang temannya membuat film pendek dan tengah berada di ruang rias bersama seorang aktor senior.

Mian Tiara yang ikut bermain di film Perempuan Tanah Jahanam ini menuturkan awalnya dia dan aktor yang tak disebutkan namanya itu duduk di kursi penonton sambil memperhatikan proses adegan awal-awal. "Kemudian aktor senior ini meminta saya duduk di sebelahnya untuk melatih dialognya," tulis Mian Tara.

Setelah adegan di panggung selesai, Mian Tiara lalu pindah ke belakang panggung dan masuk ke ruang rias. Rupanya sang aktor juga ada di sana tengah menunggu kopi. Mereka berdua kemudian melanjutkan obrolan.

"Tiba2 dia menghadapkan kursinya ke saya & mengelus paha saya begitu saja. Saya kaget tapi ga bisa bereaksi apa-apa," tulis Mian Tiara.

Mian Tiara mengaku syok dan cuma bisa diam mematung. Untungnya saat itu sutradara masuk ke ruangan menanyakan seorang pemain dan Mian ikut keluar.

Mian Tiara pun menjaga jarak dari si aktor selama syuting. Juga ketika seluruh pemain, termasuk Mian dan sang aktor, foto bareng bersama sutradara. Tapi karena posenya berpindah-pindah tempat, akhirnya aktor itu berdiri juga di samping Mian Tiara.

"Si Aktor senior memasukkan jarinya ke pinggir celana jins saya & memegang erat sambil menggantungkan tangannya ke celana saya. Saya merasa jijik, marah, terlanggar atas perbuatannya," tulis Mian Tira.

Mian Tiara saat itu berusaha melepaskan tangan si aktor, tapi pria itu malah menariknya ke belakang."Yang bikin saya marah adlh saya gak bisa bereaksi dengan semestinya. Ada rasa khawatir reaksi saya akan dianggap berlebihan bahkan si aktor senior itu akan ngeles dengan lihainya," tulisnya.

Mian Tiara memutuskan menceritakan apa yang di alaminya ke publik dengan harapan ada yang mendengar."Spy semua paham & mengerti bhw kejadian spt ini tidak boleh jd pemakluman dan pembiaran. Ada yang bisa kita ubah," tulisnya.

Terkait pengakuan Mian Tiara, sejumlah pesohor pun memberikan dukungannya, termasuk Arie Dagienks. " I support @miantiara #mulaibicara! Teman-teman bisa menyimak pengalaman Mian Tiara akan pelecehan seksual yang pernah dialaminya. Gila gue emosi banget! Ada yang bisa dibantu Mi?" tulis Arie Dagienkz.

Sejumlah netizen pun bergabung lewat tagar #mulaibicara sebagai gerakan dukungan untuk tak diam pada kasus pelecehan seksual.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT