Pelantikan Presiden, Sandhy Sondoro Beri Contoh Musik India
TEMPO.CO | 20/10/2019 12:43
Sandhy Sondoro dan penghargaan Bravo Awards pada International Professional Music  Awards "Bravo" di State Kremlin Palace Moskow,  10 Maret 2018
Sandhy Sondoro dan penghargaan Bravo Awards pada International Professional Music Awards "Bravo" di State Kremlin Palace Moskow, 10 Maret 2018

TEMPO.CO, Jakarta - Penyanyi Sandhy Sondoro mendoakan agar pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Joko Widodo atau Jokowi dan Ma'ruf Amin pada hari ini berlangsung lancar.

Sebagai musikus, Sandhy Sondoro berharap pemerintahan periode kedua untuk Jokowi ini mampu memajukan industri musik Tanah Air. "Mudah-mudahan musik Indonesia semakin berkembang dan siapa tahu bisa memegang peranan penting di dunia," ujar Sandhy seusai tampil di Konser Musik Untuk Republik di Cibubur, Jakarta Timur, Jumat 18 Oktober 2019.

Sandhy Sondoro kemudian mencontohkan industri musik India yang awalnya tak diperhitungkan. Dengan dukungan pemerintah dan aktifnya seniman di sana, maka musik India kian dikenal dunia dan mempertahankan identitasnya.

Penyanyi Sandhy Sondoro membawakan lagunya dalam Konser Putih adalah Kita #Musisi01 di Lippo Mall Kemang, Jakarta, Minggu, 7 April 2019. Konser yang dimulai sejak siang hari ini sempat dihentikan karena hujan deras. TEMPO/Muhammad Hidayat

"Dulu pada tahun 1980-an, musik India dipandang sebelah mata di dunia musik modern, terutama di barat," kata dia. Namun kini, menurut Sandhy Sondoro, seluruh dunia mengenal musik India.

Tentu dalam mengembangkan kesenian Indonesia tak hanya mengandalkan peran pemerintah. Sandhy Sondoro menambahkan, perlu dukungan dari semua pihak agar industri musik Tanah Air berjaya.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT