Bulan Depan, Jangan Lewatkan Jogja-Netpac Asian Film Festival
TEMPO.CO | 17/10/2019 07:28
Konferensi pers Jogja-Netpac Asian Film Festival di Plaza Indonesia XXI, Jakarta. TEMPO/Chitra Paramaesti.
Konferensi pers Jogja-Netpac Asian Film Festival di Plaza Indonesia XXI, Jakarta. TEMPO/Chitra Paramaesti.

TEMPO.CO, JakartaJogja-Netpac Asian Film Festival (JAFF) akan kembali dihelatkan pada 19-23 November 2019 mendatang di Yogyakarta. Fetival film yang sudah berlangsung selama 13 tahun ini akan menghadirkan ratusan film dari berbagai negara.

Direktur Festival Ifa Isfansyah mengatakan setidaknya lebih dari 700 film yang telah didaftarkan untuk ikut dalam ajang ini. Namun, hanya 107 film yang lolos untuk diputar di layar festival ini. "Dapat dilihat, bahwa festival ini memiliki gairah yang besar," ujar dia dalam konfe2111rensi pers di Plaza Indonesia XXI, Rabu, 16 Oktober 2019.

Pemutaran film JAFF akan terbagi menjadi beberapa program penutaran film, seperti Asian Perspectives, Asian Feature, Light of Asia, JAAF Indonesian Screen Award, dan Open Air Cinema. Selain itu JAFF juga menyelenggarakan program edukasi yang terdiri dari Art For Children, Public Lecture, dan Forum Komunitas.

Ifa menjelaskan, tergagasnya festival ini pada 2006 lalu, dalam rangka memperingati hari ulang tahun Kota Yogyakarta. Di mana ia melihat karakter anak muda Yogyakarta yang suka berkomunitas dan mengembangkan diri lewat dunia film.

Untuk mengimbangi gelora pembuatan film, JAFF menjadi salah satu wadah di mana kreator dapat memperlihatkan karyanya kepada penonton. "Kultur ini penting dan ini yang harus kami bela," ujar dia.

Dalam penggarapan festival film ini, tentunya mengalami pasang surut hingga hampir batal. Tetapi Ifa menuturkan, semangat anak muda Yogyakarta dalam berkarya dan membuat wadahnya membuat festival ini terus berjalan dan berkembang selama 13 tahun terakhir.

JAAF mengusung tema Revival untuk festival tahun ini, ia menjelaskan temanya tersebut merupakan kebangkitan Asia sebagai benua besar yang memiliki potensi mumpuni dalam dunia perfilman. "Kami ingin menggali lagi identitas Asia, sekarang sesama Asia dapat melihat kekuatan masing-masing," kata Ifa.

Jika ingin menonton JAAF, Ifa masih memikirkan harga terbaik yang akan diberikan. Ia menjelaskan untuk tiket terusan akan ada di kosaran Rp 200 ribu-Rp 300 ribu untuk empat hari festival film berlangsung. Namun untuk tiket satuan Ifa mengatakan harganya akan berasa di kisaran Rp 30 ribu -Rp 35 ribu.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT