Penyanyi Dangdut Era 70-an Ida Laila Meninggal Dunia
TEMPO.CO | 12/09/2019 09:35
Ilustrasi alat musik rebana
Ilustrasi alat musik rebana

TEMPO.CO, Surabaya-Biduan dangdut senior, Ida Laila, meninggal dunia Kamis dini hari, 12 September 2019, sekitar pukul 02.00 dalam usia 75 tahun. Ia mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Umum Dr. Soedono Madiun karena penyakit stroke. Rencananya jenazah warga Jalan Kanser Nomor 2 Ploso, Tambaksari, Surabaya itu akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum Rangkah Surabaya pada Kamis siang ini.

Ida Laila merupakan penyanyi dangdut yang tenar namanya mulai era 1970. Menurut pengamat musik dangdut Surya Aka, saat itu lagu Ida yang berjudul Keagungan Tuhan ciptaan A. Malik Buzaid begitu hits di masyarakat. Lagu-lagu Ida lainnya yang tak kalah hits antara lain Sepiring Berdua dan Munafik.

“Beliau penyanyi dangdut seangkatan Rhoma Irama. Malang melintang di belantika dangdut sejak era 70-an,” kata Surya Aka yang juga Ketua Umum Fans of Rhoma and Soneta (Forsa) saat dihubungi Tempo.

Surya Aka menuturkan sejak beberapa tahun terakhir Ida terserang penyakit stroke. Pada 2013 Surya sempat membesuk Ida di rumahnya dan ketika itu kondisinya sudah lemah. “Saat itu sudah terserang stroke ringan,” tutur Surya.

Atas dedikasinya di dunia musik dangdut, Ida pernah mendapat penghargaan dari Lembaga Seniman Budayawan Muslimin Indonesia (Lesbumi) Nahdlatul Ulama Jawa Timur pada 2012. Ia mendapatkan penghargaan bersama seniman ludruk, Kartolo.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT