Chacha Frederica Curhat ke Susi Pudjiastuti: Sebel Enggak, Bu?
TEMPO.CO | 07/09/2019 13:01
Chacha Frederica di Pameran Foto #IamTrulyWoman, di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat 8 Maret 2019. TEMPO/Astari P Sarosa
Chacha Frederica di Pameran Foto #IamTrulyWoman, di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat 8 Maret 2019. TEMPO/Astari P Sarosa

TEMPO.CO, Jakarta - Chacha Frederica gemas pada ulah keluarga dan teman-teman kerjanya yang ogah meninggalkan kebiasaan mengkonsumsi air minum kemasan sekali pakai. Padahal aktris bernama lengkap Wynne Frederica ini sudah memberikan botol air minum agar, paling tidak, mereka tak menambah gunungan sampah botol plastik.

"Tumbler-nya sudah aku beliin, tapi besoknya pakai botol plastik lagi. Sebel enggak, Bu? Saya sih sebel,” kata Chacha Frederica di depan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dalam acara bersih-bersih laut bersama Pandu Laut di pantai timur Ancol, Jakarta Utara, Minggu 18 Agustus 2019.

Perempuan 29 tahun itu sudah berkali-kali memperingatkan mereka mengenai bahaya sampah plastik yang sulit terurai. Misalnya sampah plastik yang kini sudah mencemari isi laut dan membunuh penghuni lautan. Namun, karena tak melihat langsung timbunan sampah yang terdampar di pantai ataupun yang tumplak di lautan, mereka tak begitu peduli kampanye mengurangi sampah plastik tersebut. "Lebih susah ngajarin orang rumah," ujarnya.

Chacha Frederica. Instagram

Beruntung, setelah berulang kali Chacha bawel soal sampah plastik itu, keluarganya akhirnya tak lagi mengkonsumsi air minum kemasan dan membawa botol air minum sendiri. Saat belanja pun, termasuk membeli sayuran, mereka tak lagi meminta kantong plastik.

Keluarga Chacha Frederica membawa kantong kertas sendiri yang bisa mereka pakai berkali-kali. "Lingkungan harus selalu dijaga, karena pada akhirnya yang kita makan bukan uang, tapi hasil alam," katanya.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT