Daniel Mananta Maknai Lomba Panjat Pinang di HUT RI 17 Agustus
TEMPO.CO | 17/08/2019 14:47
Daniel Mananta. Instagram
Daniel Mananta. Instagram

TEMPO.CO, Jakarta - Presenter Daniel Mananta atau Vj Daniel mengikuti upacara HUT RI di Istana Negara. Dia datang dengan busana adat Suku Mandailing. "Selamat ulang tahun ke-74 RI. Dirgahayu kemerdekaan Republik Indonesia," tulis Daniel dalam keterangan foto yang dia unggah di Instagram, Sabtu, 17 Agustus 2019.

Daniel mengenakan Ampu di kepalanya. Ikat tersebut merupakan mahkota yang dikenakan oleh raja-raja Mandailing sebagai simbol kebesaran dan keagungan pria. Ikatnya pun memiliki makna, yaitu selalu ingat Tuhan untuk simpul yang menghadap atas dan rendah hati untuk simpul yang menghadap ke bawah.

Untuk pakaian yang dikenakan, Daniel Mananta memadukan baju godang yang terbuat dari bahan bludru berwarna merah, kemeja putih untuk dalamannya, dan dasi kupu-kupu, yang merupakan alkulturasi dari kebudayan barat.

Pakaian Sumatera Utara, kurang lengkap jika tanpa Ulos. Daniel pun menyemakan Ulos berwarna merah bata di pinggangnya, senada dengan warna Ulos untuk songket yang ia kenakan.

Daniel mengatakan hari kemerdekaan begitu berarti untuknya. Dia punya kenangan tersendiri dalam setiap perayaan HUT RI 17 Agustus. Hal yang paling mengena ketika dia dan ayahnya menyaksikan lomba panjat pinang. "Gue suka nonton panjat pinang, itu ritual gue sama bokap. Itu (panjat pinang) simbol yang indah banget, Indonesia harus gotong royong untuk mencapai sesuatu," tutur Daniel.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT