Slamet Rahardjo Gabung dalam Pentas Teater Koma: Pulang Kampung
TEMPO.CO | 18/07/2019 11:54
Aktor Slamet Rahardjo membacakan puisi dalam acara Teras Budaya Puisi dan Politik: Ceramah dan pembacaan Sajak Goenawan Mohamad di Gedung TEMPO, Jakarta, 19 Februari 2016. TEMPO/Charisma Adristy
Aktor Slamet Rahardjo membacakan puisi dalam acara Teras Budaya Puisi dan Politik: Ceramah dan pembacaan Sajak Goenawan Mohamad di Gedung TEMPO, Jakarta, 19 Februari 2016. TEMPO/Charisma Adristy

TEMPO.CO, Jakarta - Kerinduan aktor senior Slamet Rahardjo pentas di atas panggung teater terbayar. Ia mendapatkan kesempatan melakoni Batara Guru dalam teater Goro-goro Mahabarata, besutan Teater Koma yang akan pentas akhir Juli mendatang.

Terlibat dalam produksi teater, menurut Slamet ialah sebuah detoks untuknya, memberikan kesegaran baru. "Ini seperti pulang kampung, teater memberikan saya inspirasi dan kesegaran berkreasi," tutur dia dalam konfrensi pers di Universitas Tarumanegara, Rabu, 17 Juli 2019.

Untuk pertama kalinya Slamet bergabung bersama Teater Koma, untuk melakoni sebuah cerita kolosal Mahabarata. Disutradarai oleh Nano Riantiarno, kisah tersebut akan mengangkat cerita Semar dan Togog yang turun ke bumi Jawa, untuk mengabdi kepada raja-raja di sana.

Semar dan Togog merupakan salah satu tokoh pewayangan yang belakangan populer kembali di jagat maya, lantaran pertemuan Presiden Joko Widodo dan Prabowo Subiyanto dengan latar wayang tersebut.

Tentunya, naskah dan persiapan teater ini sudah lebih lama dari pertemuan itu. Nano mengatakan, cerita ini rampung ia susun pada 2016 lalu. "Ada cerita politiknya, tapi politik anak punukawan tersebut, Semar dan Togog kan kakak adik yang mengabdi pada raja yang berbeda," tutur Nano, sutradara Teater Koma.

Teater Koma kembali menggelar produksinya yang ke-158, dengan lakon Goro-Goro Mahabarata 2. Pagelaran yang diselenggarakan di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, pada 25 Juli-4 Agustus 2019.

Tiket tersebut dalam dibeli di www.teaterkoma.org, go-tix.id, dan blibli.com. Untuk harga tiketnya, dibagi dalam beberapa kategori, yaitu Senin Nonton Hemat Rp320 ribu untuk harga paling tinggi dan Rp60 ribu untuk harga paling murah. Setidaknya ada enam jenis tiket berdasarkan tempat duduk yang dijajakan.

Untuk harga tiket pertunjukan di hari Selasa hingga Kamis, dibanderol dengan harga berbeda, antara lain Rp400 ribu untuk harga paling tinggi dan Rp75 ribu untuk harga terendah. Harga tiket tertinggi dijual pada hari libur, yaitu di hari Sabtu dan Minggu. Tiket tersebut dibanderol Rp500 ribu untuk kelas paling atas dan Rp100 ribu untuk tiket dengan harga terendah.

Teater ini dilakoni nama-nama besar seperti Slamet Rajardjo, Idries Pulungan, Budi Ros, Ratna Riantiarno, Rangga Riantiarno, Tuti Hartati, Dorias Pribadi, Sari Madjid, Daisy Lantang, Ratna Ully, Bayu Dharmawan Saleh, Emanuel Handoyo, Dana Hassan, Sir Ilham Jambak, Zulfi Ramdoni, Angga Yasti, Suntea Sisca, Indri Djati, dan lain-lain.

CHITRA PARAMAESTI


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT