Raisa Berduka Sutopo Purwo Nugroho Meninggal
TEMPO.CO | 07/07/2019 12:29
Foto Raisa dengan dandanan saat konser yang diunggah make up artist Bubah Alfian di akun Instagramnya. Bubah Alfian bertugas menjadi perias Raisa dalam konser semalam. Instagram.com/@Bubahalfian
Foto Raisa dengan dandanan saat konser yang diunggah make up artist Bubah Alfian di akun Instagramnya. Bubah Alfian bertugas menjadi perias Raisa dalam konser semalam. Instagram.com/@Bubahalfian

TEMPO.CO, Jakarta -  Penyanyi Raisa berduka atas kepergian Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho. Sutopo adalah salah seorang penggemar berat Raisa dan keduanya sempat dipertemukan beberapa waktu lalu.

Baca: Sutopo BNPB: Dari Sederet Penghargaan, Jokowi, hingga Raisa

"Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Turut berduka cita atas meninggalnya Bapak Sutopo PN. Semoga beliau diterima di sisi-Nya. Aamiin," tulis Raisa di Twitter, Minggu 7 Juli 2019. Cuitan Raisa itu mendapatkan berbagai respons masyarakat.

Ada yang mengunggah foto Raisa saat bertemu dengan Sutopo Purwo Nugroho, ada pula yang mengenang melalui tagar #RaisaMeetSutopo. Dalam dua jam, ratusan komentar dan ribukan likes membanjiri akun Raisa.

Tagar tersebut sempat viral pada November 2018 saat Sutopo Purwo Nugroho acapkali mengungkapkan keinginannya untuk berjumpa dengan pelantun Mantan Terindah ini. Raisa pun menyambut dan akhirnya mereka bertemu. Bahkan sebelum bertemu Sutopo sempat melakukan video call dengan Raisa.

Raisa merespons tagar RaisaMeetSutopo yang ramai di Twitter. Twitter

Sutopo Purwo Nugroho meninggal di Guangzhou, Cina, setelah berjuang melawan kanker paru sejak Desember 2017. Walaupun divonis mengidap penyakit yang mematikan, Sutopo tetap bekerja dengan semangat. Dia rutin menginformasikan berbagai peristiwa bencana yang terjadi di Indonesia selama 2018 hingga awal 2019.

Kanker paru yang diidap Sutopo telah menyebar ke tulang dan beberapa organ vitalnya. "Pak Sutopo meninggal saat menjalani pengobatan kanker di St. Stamford Modern Cancer Hospital, Guangzhou, Cina, sejak 15 Juni 2019," ujar Juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Rita Rosita.

Baca juga: PBNU: Sutopo Purwo Nugroho Orang Baik

Sutopo meninggal pada Minggu dinihari, 7 Juli 2019. Dia meninggalkan seorang istri dan dua orang anak yang masih sekolah. Anak lelaki sulungnya, Ivanka Rizaldy adalah mahasiswa Hukum Universtias Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT