Selebgram Jerome Polin Diajak Kementerian Ristekdikti Buat Konten
TEMPO.CO | 26/06/2019 19:45
Jerome Polin, mahasiswa Indonesia di Jepang yg sukses jadi youtuber. Instagram
Jerome Polin, mahasiswa Indonesia di Jepang yg sukses jadi youtuber. Instagram

TEMPO.CO, Jakarta - YouTuber dan selebgram, Jerome Polin Sijabat diajak bekerja sama dengan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Mereka tertarik mengajak Jerome Polin, mahasiswa jurusan Matematika di Waseda University asal Surabaya untuk membuat konten-konten tentang matematika.

Selama ini, Jerome Polin, 21 tahun, yang menerima beasiswa penuh dari pemerintah Jepang usai menamatkan studinya di SMA Negeri 5 Surabaya, acap membuat konten tentang kehidupan mahasiswa di Jepang di channel YouTubenya, Nihongo Mantappu. Kebanyakan berisi mengenai kerinduannya sebagai mahasiswa asing di negara matahari terbit itu dan bagaimana mengenalkan Indonesia kepada teman-temannya. Sesekali, ia membuat konten tentang memahami Matematika dengan gampang.

Jerome Polin, mahasiswa Indonesia di Jepang yg sukses jadi youtuber. Instagram

“Gila. One step closer to my dream. Aku diapproach sama Kemenristekdikti. Katanya mereka suka sama tulisan-tulisan dan konten-kontenku. Dan mereka milih aku buat diajak kerja sama. Paraaahhh,” katanya saat mencuitkan kabar itu di akun Twitternya @JeromePolin pada Senin, 24 Juni 2019.

Baca juga: Kaesang Khawatir Rambutnya Bakal Setipis Jokowi

Cuitan ini disukai 14 ribuan netizen dan dibalas 1.600an followernya. "Selamat ya Bang, semoga lancar jaya. Tapi ingat jangan lupa sama kami warga Twitter dan jangan sampai gak receh lagi," cuit Hachiman membalas cuitan Jerome Polin.

Jerome selanjutnya membuat tangkapan layar atas cuitannya itu dan diunggah di akun Instagramnya. Ia menambahkan tulisan, “Kaget banget ketika menerima tawaran kerja sama dari Kemenristekdikti. Lebih kaget lagi ketika aku dikabarin sama Bang Je (setelah meeting sama pihak Dikti) kalau ini pertama kalinya mereka bekerja sama dengan influencer,” tulisanya.

Anak nomor dua dari tiga bersaudara ini menjelaskan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi  mengatakan ada beberapa influencer yang dipertimbangkan. “Tapi akhirnya aku yang dipilih. Gilaaaa padahal aku siapa,” ucapnya.

Jerome yang kini sering berbalas cuitan saling meledek dengan Kaesang Pangarep, putra Presiden Jokowi itu, sebelumnya kerap menjadi referensi para selebritas Indonesia saat berlibur ke Jepang. Bahkan, saat Raffi Ahmad dan Nagita Slavina berlibur di Jepang, mereka membuat konten bersama.

Jerome Polin, selebgram terpilih sebagai influencer yang akan bekerja sama dengan Kementerian Riset dan Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Foto: Instagram

Di channelnya, Jerome Polin sudah mendapatkan 1,5 juta subscriber. Salah satu konten yang paling banyak ditonton adalah, Reaksi Orang Jepang Nyobain Snack Indonesia. Konten yang dibuat delapan bulan lalu itu sudah ditonton oleh 5,3 juta kali. Tapi dari semua konten itu, ada konten Battle Matematika: Jerome vs Mahasiswa Math NTU yang sudah ditonton satu juta kali padahal baru dirilis pada 12 Juni 2019.

Di berbagai unggahan di akun Instagramnya, Jerome Polin menuturkan, ia sangat menyukai matematika. Kecerdasannya  memahami dan mengurai soal-soal sulit matematika membuatnya kerap memenangkan Olimpiade Matematika. Usai menamatkan studi di SMA, Jerome Polin sebenarnya sudah diterima di Nanyang Technological University di Singapura, yang sudah lama diimpikannya. Tapi harapannya kemudian pupus setelah mengetahui ia tidak menerima beasiswa penuh.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT