Ini Film Pertama yang Syuting di MRT, Awalnya Dilarang
TEMPO.CO | 11/05/2019 15:19
Penumpang menaiki kereta MRT di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, Selasa, 26 Maret 2019. ANTARA
Penumpang menaiki kereta MRT di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, Selasa, 26 Maret 2019. ANTARA

TEMPO.CO, Jakarta - Moda transportasi baru di Jakarta, Mass Rapid Transit atau MRT baru beroperasi selama 2 bulan. Dalam masa itu, ada satu film yang pernah mengambil gambar di lokasi MRT, baik stasiun maupun di dalam gerbong kereta.

Baca: 100 Ribu Tiket Single Trip MRT Tak Kembali, Dikoleksi Penumpang

Sutradara film Bebas, Riri Riza mengatakan ini merupakan film yang pertama kali syuting di MRT. "Sebelumnya kami tidak mendapatkan izin karena mengajukannya tahun lalu di mana MRT masih dalam tahap persiapan untuk pembukaan," ujar Riri Riza di Goodrich Jakarta, Jumat, 10 Mei 2019.

Saat syuting berlangsung, Riri Riza meminta Produser Miles Film, Mira Lesmana untuk mengajukan lagi izin syuting di lokasi MRT. Ternyata izin tersebut dikabulkan dan film Bebas menjadi film pertama yang mengambil gambar di lokasi MRT.

Riri Riza menjelaskan, di film Bebas ia akan menggambarkan perbedaan Jakarta di tahun 1990-an dan sekarang. MRT merupakan salah satu ikon Jakarta yang modern, sehingga dia ingin MRT masuk ke dalam penggambaran di filmnya.

Baca juga:
Muatan Lokal Jadi Pembeda Film Bebas dengan Film Sunny dari Korea

Pemeran remaja dan dewasa dalam film Bebas foto bersama saat pengenalan karakter dan poster teaser di Goodrich Jakarta 10 Mei 2019. Film Bebas merupakan adapatasi dari film Box Office Hit Korea berjudul Sunny. TEMPO/Nurdiansah

Pengambilan adegan di MRT, menurut Riri Riza, tidak memakan waktu yang panjang. Di film Bebas, dia memperllihatkan bagaimana trasnsportasi umum sangat berguna dan harus dijaga.

Riri Riza juga memvisualisasikan era 1990-an, terutama tahun 1995-1996 dengan detail karena menjadi masa kejayaan kultur pop di Indonesia. "Banyak karya yang bagus lahir di masa itu," ujar dia.

Artikel terkait: Film Bebas Ajak Penonton Bernostalgia dalam Latar dan Lagu


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT