Muatan Lokal Jadi Pembeda Film Bebas dengan Film Sunny dari Korea
TEMPO.CO | 11/05/2019 10:06
Pemeran remaja dan dewasa dalam film Bebas foto bersama saat pengenalan karakter dan poster teaser di Goodrich Jakarta 10 Mei 2019. Film Bebas merupakan adapatasi dari film Box Office Hit Korea berjudul Sunny. TEMPO/Nurdiansah
Pemeran remaja dan dewasa dalam film Bebas foto bersama saat pengenalan karakter dan poster teaser di Goodrich Jakarta 10 Mei 2019. Film Bebas merupakan adapatasi dari film Box Office Hit Korea berjudul Sunny. TEMPO/Nurdiansah

TEMPO.CO, Jakarta - Produser Miles Film, Mira Lesmana menuturkan karya terbarunya film Bebas, merupakan adaptasi dari film Sunny dari Korea Selatan. Dari sisi alur cerita, kata dia, hampir sama dengan film garapan CJ Entertaiment dari Korea Selatan itu.

Baca: Mira Lesmana Ungkap Tantangan Menggarap Film Bebas

"Kalau secara struktur tidak berbeda jauh dengan Sunny, justru ceritanya yang membuat kami tertarik," kata Mira Lesmana di Goodrich Jakarta, Jumat, 10 Mei 2019. Dia menjelaskan, setiap karakter dalam film Sunny dibuat sangat Korea dan menggunakan dialek yang khas. "Karena itu, bagi kami muatan lokal sangat penting di film Bebas ini."

Mira Lesmana menceritakan ketertarikannya pada film Sunny berawal dari muatan lokal yang ditonjolkan dalam film tersebut. Karena itu, di film Bebas, Mira juga akan mengangkat muatan lokal Indonesia dengan alur cerita yang serupa dengan film Sunny.

Muatan lokal yang dimaksud Mira Lesmana antara lain perihal sekolah yang berbeda dengan sekolah di Film Sunny. Jika film Sunny mengambil setting di sekolah khusus perempuan, film Bebas memilih memvisualisasikan sekolah umum, di mana ada perempuan dan laki-laki dalam satu sekolah. "Karena sekolah khusus perempuan tidak umum di Indonesia," kata Mira Lesmana.

Artis Marsha Timothy saat mengenalkan dirinya berperan sebagai Vina (dewasa) saat pengenalan karakter dan poster teaser film Bebas di Goodrich Jakarta 10 Mei 2019. Film Bebas diperankan oleh Maizura, Sherl Sheinafia, Agatha Pricilla, Marsha Timothy, Susan Bachtiar, Indy Barends, Widi Mulia serta Baim Wong. TEMPO/Nurdiansah

Lantaran mengambil setting di sekolah umum, maka tokoh yang berperan di film Bebas tidak semuanya perempuan seperti di film Sunny. Dalam film yang disutradarai oleh Riri Riza ini, ada satu tokoh laki-laki bernama Jojo yang diperankan oleh Baim Wong dan Baskara Mahendra.

Selain itu, di film Sunny tokoh utamanya berjumlah tujuh orang, sedangkan di film Bebas hanya enam orang. "Ada satu tokoh yang menurut kami kurang cocok karena ingin membuat lebih Indonesia," tutur Mira.

Artikel lainnya: Godaan Mira Lesmana Saat Jadi Vegan

Film Bebas yang mengahabiskan waktu produksi selama tiga bulan, ini diperankan oleh bintang ternama seperti Marsha Timothy, Susan Bachtiar, Indy Barends, Widi Mulia, dan Baim Wong. Adapun pemeran remaja dalam film ini ialah Maizura, Sheryl Sheinafia, Agatha Pricilia, Luthesha, Xulfa Maharani, dan Baskara Mahendra.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT