Livi Zheng Filmkan Proses Penghitungan Suara di Los Angeles
TEMPO.CO | 20/04/2019 13:50
Livi Zheng berbagi pengalaman di kampus UK Petra Surabaya, 4 November 2015. FOTO: Kurniawan Arief.
Livi Zheng berbagi pengalaman di kampus UK Petra Surabaya, 4 November 2015. FOTO: Kurniawan Arief.

TEMPO.CO, Jakarta - Sutradara Livi Zheng memfilmkan proses penghitungan suara di Los Angeles, Amerika Serikat, pada Rabu 17 April 2019, waktu setempat.

Baca: Film Livi Zheng Diputar di Gedung Tertinggi di Korea Selatan

Livi Zheng menceritakan proses syuting bersama timnya di momentum bersejarah pemilu serentak yang pertama kali digelar bangsa Indonesia ini. “Banyak warga Indonesia di Los Angeles yang menghadiri penghitungan," kata Livi Zheng melalui keterangan tertulis.

Biasanya, menurut dia, penghitungan suara memakan waktu berjam-jam. Tapi kali ini waktu tak terasa berlalu karena penitia pemilu luar negeri menyediakan makanan dan minuman yang enak, mulai dari sate sampai minuman sekoteng. Konsul Jenderal RI Los Angeles, Saud Purwanto Krisnawan mengatakan, ada juga bazaar dan musik agar masyarakat senang.

"Ibu-ibu Dharmawanita juga membuat Kids Corner,” kata Saud. Kids Corner merupakan ide yang bagus karena warga Los Angeles yang hadir tetap dapat menyaksikan proses perhitungan, sementara anak-anak mereka ajak dapat dititipkan di sana. Saud Purwanto Krisnawan bersyukur karena proses persiapan, pelaksanaan Pemilu di hari pencoblosan pada Sabtu, 13 April 2019, dan penghitungan suara berjalan lancar.

Livi Zheng. TEMPO/Mahanizar Djohan

Saat proses pemungutan suara, diperkirakan masyarakat Indonesia yang hadir mencapai lebih dari seribuan orang. Panitia Pemilu Luar Negeri atau PPLN Los Angeles sebelumnya menetapkan Daftar Pemilih Tetap Luar Negeri atau DPT LN Pemilu 2019 sebanyak 12.984 pemilih.

Dari angka itu, sebanyak 12.382 orang di antaranya terdaftar dan melakukan pemilihan lewat pos. Sisanya, melakukan pencoblosan langsung di Tempat Pemungutan Suara yang disiapkan di KJRI Los Angeles. Jumlah 12.984 pemilih di DPT Los Angeles tercatat sebagai yang terbanyak di seluruh wilayah pemilihan Amerika Serikat.

Baca juga: Film Livi Zheng, Bali: Beats of Paradise, Mendaftar Ikut Oscar

Wilayah kerja KJRI Los Angeles sendiri mencakup enam Negara Bagian Amerika Serikat, meliputi Arizona, Utah, Nevada Selatan, California Selatan serta Daerah Kepulauan Pasifik. "Penghitungan suara ini berdasarkan surat suara yang masuk. Surat suara yang masuk ada dua macam, yaitu surat suara yang masuk lewat pos dan surat suara yang ditusuk di lokasi KJRI," kata Metta Surya, Ketua PPLN Los Angeles.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT