Heboh Slank Isi Apel Kebangsaan, 13 April Ada Konser BarengJokowi
TEMPO.CO | 16/03/2019 16:15
Suasana konferensi pers peluncuran lagu dan video klip Slank berjudul #BarengJokowi di Markas Besar Slank, Potlot, Jakarta, Jumat, 15 Maret 2019. Slank kembali memberikan dukungan kepada Jokowi, sama seperti pada Pilpres 2014. TEMPO/M Taufan Rengganis
Suasana konferensi pers peluncuran lagu dan video klip Slank berjudul #BarengJokowi di Markas Besar Slank, Potlot, Jakarta, Jumat, 15 Maret 2019. Slank kembali memberikan dukungan kepada Jokowi, sama seperti pada Pilpres 2014. TEMPO/M Taufan Rengganis

TEMPO.CO, Jakarta - Grup band Slank dikabarkan akan mengisi acara Apel Kebangsaan yang berlangsung di Lapangan Pancasila Simpang Lima, Semarang, Minggu, 17 Maret 2019. Apel Kebangsaan bertajuk "Kita Merah Putih" itu juga bakal dihadiri Mahfud MD, KH. Maimoen Zubair, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Baca: Akan Hadiri Apel Kebangsaan, Slank Jadi Sasaran Kemarahan Netizen

Netizen bereaksi terhadap acara Apel Kebangsaan ini karena diketahui menyedot APBD Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sebesar Rp 18 miliar. Mereka menyindir band legendaris Slank dengan menggunakan tagar #SlankMakanDuitRakyat. Menurut netizen, uang sebanyak itu lebih baik digunakan untuk kegiatan yang lebih bermanfaat.

"Di antara uang-uang itu, ada uangnya mereka juga. Tega gitu nelennya," tulis akun @hp_arel seraya mengunggah foto tukang becak yang sedang tidur. Netizen lainnya memberikan saran agar Slank dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengalokasikan anggaran tersebut untuk beasiswa ketimbang dihambur-hamburkan buat konser.

Belum ada konfirmasi dari Slank terkait Apel Kebangsaan yang akan berlangsung di Semarang, Jawa Tengah, besok. Meski begitu, grup band ini menyatakan akan membuat konser #barengjokowi di Gelora Bung Karno Jakarta, pada 13 April 2019. Konser ini merupakan bentuk dukungan terhadap pasangan calon presiden dan wakil presiden, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin dengan menggandeng lebih dari 100 musikus lainnya.

Sejumlah tamu undangan menyaksikan pemutaran video klip bertajuk #BARENGJOKOWI di markas Slank, Gang Potlot, Jakarta, Jumat, 15 Maret 2019. Slank meluncurkan video klip #BARENGJOKOWI yang berkolaborasi dengan 100 seniman, influencer, olahragawan dan budayawan yang memiliki kesatuan hati untuk Indonesia. ANTAR/Aprillio Akbar

Pada 2014, Slank dan puluhan musikus menggelar konser "Salam Dua Jari" untuk mendukung Jokowi dan Jusuf Kalla di Gelora Bung Karno. Konser yang digarap oleh Jay Subiyakto ini sangat besar dan mendatangkan banyak pendukung. Kini, Slank bersama ratusan seniman akan kembali mengulang konser tersebut namun dengan konsep yang berbeda.

"Harusnya lebih besar, bentuknya seperti apa lihat saja. Karena Slank males mengulang sesuatu yang udah ada," ujar Abdee dalam jumpa pers di Markas Slank, Jakarta, Jumat 15 Maret 2019. Bimbim Slank mengatakan lagu #barengjokowi yang dinyanyikan oleh para seniman akan dikumandangkan di sana. Jokowi juga akan hadir dalam konser tersebut.

Baca juga: Slank Bicara Golput di Pemilu: Seksi atau Cemen?

Slank meluncurkan video klip #barengjokowi bersama 100 seniman, influencer, olahragawan serta budayawan sebagai bentuk selebrasi dan dukungan kepada calon presiden Joko Widodo. "Lagu itu adalah ajakan moral, mendukung lewat cara kami yaitu musik dan lirik. Ajakan moral itu untuk melupakan keributan. Kami ingin menjaga beliau agar tetap amanah. Lagunya gue yang bikin," kata Bimbim Slank.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT